Kamis, 16 Desember 2010

Orang Tertinggi di Indonesia

suparwono1Seorang lelaki usia 25 tahun asal Indonesia diklaim sebagai manusia tertinggi di dunia. Namun setelah dilakukan pengukuran, ia ternyata lima senti lebih pendek ketimbang pemegang rekor manusia tertinggi di dunia, Sultan Kosen asal Turki.

Sebelumnya, Suparwono disebut-sebut sebagai manusia tertinggi dengan tinggi tubuh 2,71 meter (8,89 kaki). Sementara Sultan Kosen asal Turki yang memegan grekor manusia tertinggi di dunia hanya setinggi 2,47 meter.
suparwonoNamun petugas Museum Rekor Indonesia (MURI) yang melakukan pengukuran terhadap Suparwono akhirnya mencatat tinggi badannya hanya 2,42 meter. Ini pun membuat Suparwono tercatat dalam rekor MURI sebagai manusia tertinggi di Indonesia, namun belum bisa tercatat di Guinness World Records.
Sebelumnya, MURI mendapat laporan bahwa Suparwono memiliki tinggi 2,71 meter termasuk hasil pengukuran sebuah rumah sakit. Namun ketika dilakukan pengkuran ulang oleh petugas MURI, Suparwono ternyata setinggi 2,42 meter.
Suparwono memang mendadak tenar pada minggu ini setelah salah seorang kerabatnya di kawasan Tri Tunggal Jaya, Lampung mempublikasikan Suparwono. Maka dalam beberapa hari ia pun menjadi terkenal dan mucul di berbagai media termasuk acara talk show TV dengan julukan “Raksasa dari Lampung”.
Suparwono sendiri mengatakan ia merasa “bangga” dengan tinggi tubuhnya, namun tinggi tubuh seperti itu ternyata memberinya banyak masalah karena ia tak bisa menikmati hidup layaknya manusia normal. Seperti persoalan sulitnya naik angkutan umum atau menemukan pakaian yang pas untuk ukurannya.
Suparwono mulai merasa “keanehan” pada tubuhnya ketika ia berusia 10 tahun. Kala itu ia menjadi murid tertinggi di sekolahnya dan di desanya.


0 komentar:

Posting Komentar